The Dreamer


counters

Selasa, 11 April 2017

ISTILAH DALAM RADIO

bagi sobat semua nya yang mungkin belum mengetahui istilah - istilah dalam dunia Radio ini saya kasih istilah yang umum di Radio. baru yang umum nya aja ini yaaa ... selamat membaca, belajar dan meghafal nya .....
semoga bermanfaat >>.

   

Adlib : iklan berupa kata-kata penyiar
Advertising : biro iklan
Air Time : waktu yang bisa dijual
Afterword : kata kunci / kata-kata khas menutup acara
Announcer : penyiar yang berbicara kepada khalayak melalui elektronik
AOP – Album Quented rock : Format stasiun yang menampilkan music Rock
Aset RRI : semua asset yang dimiliki oleh RRI secara resmi
 Audio Feed : suatu pesan yang diterima lewat radio transmisi atau kabel
Back Announce :menyebut sebuah lagu setelah diputar
Back Timing : mengukur waktu suatu lagu sesuai dengan waktu yang ditentukan
Backsound : musik latar
Bed : lagu yang digunakan latar belakang untuk komersial/iklan
Block Progamming : membagi waktu siaran menjadi segmen waktu tertentu
Broadcasting : pengim pesan kepada khalayak luas atau melalui media elektronik
Broadcast endorsement : kewenangan seseorang untuk mengoperasikan satu stasiun penyiaran
Bumper : iklan yang diputer setelah komen sebelum lagu (iklan pendek)
Blow Up : lagu unggulan yang diputer terus dalam waktu tertentu
Chain Break : stasiun identifikasi antar acara
Cue Program : penanda sebuah acara
Call Name : nama penyiar
Call Program : nama acara
Call Listener : sebutan untuk pendengar
Call Time : waktu sebuah acara
Chart : Tangga lagu
Closing Tune : musik / smash penutup acara
Combo : kombinasi penyiaran dan teknisi
Communicaster : pemandu acara talk show
Dead Air : suatu periode waktu saat tidak ada suara yang disiarkan
Direct Quote : mengulang kata yang sama persis dengan ucapan orang lain
Dummy : sampel acara
Double Headed : siaran duet
Format : unsure isi utama stasiun radio
Fringe area : daerah dimana satu stasiun diterima samar-samar
Greeting : elemen kata-kata awal seorang penyiar ketika memulai siaran
Insertion : acara pendek berupa pernik-pernik untuk memperkaya sebuah acara
Institutional Promotion : suatu produk atau jasa yang dipromosikan kepada khalayak 
Id's : Identitas Station 
Imaging Sound : suara / sound effect pendukung
Live Copy : naskah yang dibaca langsung diudara tidak direkam
Lottery : lomba yang berisikan unsure hadiah
MOR : singkatan middle of  the road, format stasiun yang mengudarakan music populer
Mozaik : kumpulan lagu-lagu
Open Ended : elemen kata kata akhir seorang penyiar ketika mengakhiri siaran
On Air : siaran di studio
Off Air : acara pendukung / kegiatan luar studio 
Opening Tune : smash / musik pembuka sebuah acara
Programer : kepala bagian siaran
Playlist : satu daftar lagu yang boleh diputar oleh penyiar
Prime Time : waktu pada saat stasiun memiliki pendengar yang paling banyak
Program Logs : catatan Harian semua acara siaran yang disiarkan oleh stasiun
Promo : pengumuman yang mempromosikan acara satasiun penyiaran
Protection : pemisahan pengumuman iklan komersial dengan iklan yang lain
PSA : Public Service Announcement / iklan layanan masyarakat
Prime Time : jam padat / banyak pendengar
Password : kata kunci / kata-kata khas di awal siaran
Raatting : presentase statistic para pendengar suatu stasiun penyiaran
Radio Expose : iklan produk acara sendiri
Remote : acara yang berasal jauh dari stasiun
Running Time : urut-urutan acara
RS : Rencana Siaran
Request : permintaan lagu
SEG way : perpindahan antar acara tanpa penyertaan siarannya
Simu Casting : penyiaran yang sama didua stasiun yaitu AM dan FM
Station Countinuity : pengumuman kegiatan stasiun
Scriptwriter : penulis naskah
Skenaradio : skena / susunan sebuah acara
SHR : Super High Rotation, sama seperti blow up
Stringer : Reporter Berita Part Time yang memperoleh bayaran pernaskah/kata
Sweep : memutar 2 atau lebih lagu sekaligus tanpa iklan
Spot : iklan dalam bentuk rekaman
Sfx : Sound Effect
Teasing : kata pengantar untuk sebuah acara paket atau insert acara
Talkshow : siaran kata
Tagline : kata khas yang digunakan sebagai penanda
Time Signal : iklan yang di puter pada jam-jam tertentu
Time Target : janji penyiar untuk bagian berikutnya
Trade Out : pertukaran waktu penyiaran iklan atau jasa
Voice Over : berbicara diatas music lainya
Wire Service  : organisasi yang mendistribusikan berita tertulis

terima kasih .... semangat belajar
semangat PayTren ..>>>


1 komentar: