The Dreamer


counters

Minggu, 20 Desember 2015

Perencanaan Komunikaasi Krisis


 


 
HUTAMAT
KARYA


PERENCANAAN KOMUNIKASI KRISIS




Ambruknya Proyek Jembatan






Dibuat    : 27 November 2015
Diperbaharui : 30 November 2015


DAFTAR ISI                                                               Halaman

Pengenalan Krisis                                                                              3
Penghargaan                                                                                       4
Tanggal Latihan                                                                                 5
Tujuan dan Objektif                                                                          6
Media dan Publik Utama                                                                  7
Team Krisis                                                                                        8
Juru Bicara Media                                                                             9
Juru Bicara Perusahaan Terkait                                                        9
Pra-Informasi                                                                                     10
Pesan Utama                                                                                       11
Dugaan Pertanyaan                                                                            11
Formulir Penilaian                                                                             12









PENGENALAN KRISIS

Perencanaan komunikasi krisis PT Hutamat Karya menyediakan dasar dan prosedur bagi menyatukan hubungan komunikasi antara pegawai, perusahaan, pelanggan, pemerintah, media dan publik dalam satu situasi krisis yang sedang dialami oleh perusahaan yaitu Ambruknya Proyek jembatan
.
Perencanaan ini sangat dibutuhkan oleh setiap pihak yang berkaitan langsung dengan perusahaan dalam menghadapi krisis secara terencana dan terorganisir. Sebagai salah satu perusahaan di bidang konstruksi inprastruktur yang mengincar segmen pembangunan inprastruktur tertentu ataupun umum seperti jalan raya, jalan tol, ataupun jembatan, penting sekali untuk yang berkontribusi dalam perusahaan ini untuk memahami bagaimana menghadapi kondisi krisis bermasalahnya proyek yang sedang berjalan seperti ambruknya proyek jembatan ini yang kemungkinan terjadi di perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi.

PT Hutamat Karya  didirikan pada 9 Maret 1997 di Jakarta dan akan terus berusaha  menjaga reputasinya terbaik dalam dunia konstruksi khusus nya di Indonesia untuk memberikan inovasi terbaik dalam pembangunan negeri. Divisi Public Relation mencoba untuk membuat manajemen krisis Ambruknya Proyek Jembatan agar para pegawai mengetahui peranannya masing-masing dalam suatu masalah di perusahaan ini. Perencanaan ini akan memberikan semua informasi perusahaan terkait masalah ambruknya proyek jembatan ini dan tentunya akan memberikan perencanaan yang terbaik untuk perusahaan, patner kerja, dan public.


Terima kasih

Dengan hormat,


Akil Mochtar
Chairman and CEO, Hutamat Karya, Inc.
    
PENGHARGAAN

Dengan menandatangani pernyataan ini, saya menyatakan bahwa saya telah membaca perencanaan krisis ini dengan teliti dan mengakui bahwa saya mampu untuk memenuhi peran saya sampai krisis ini terselesaikan.
                                                                               
                                                                                         Tanggal:
______________________
Nama (cetak)


______________________
Tandatangan

Kepada seluruh staff  PT Hutamat Karya,

Terima kasih setinggi-tingginya atas bantuan semua karyawan dan staff yang telah berkontribusi dalam mengumpulkan informasi yang diperlukan dalam mewujudkan perencanaan krisis ini. Peran pegawai dan staff dalam menangani krisis dalam perusahaan  sangat dibutuhkan  dan kita wajib bekerja sama sebagai satu team yang kuat. Oleh sebab itu, saya meminta kepada pegawai  untuk menandatangai lembaran ini sebagai pengakuan bahwa Anda telah membaca Perencanaan Krisis ini dengan sangat teliti. Silahkan berikan lembaran ini kepada bagian Kepala Cabang  sebagai bukti komitmen Anda kepada tujuan kita bersama. Tanggal latihan telah ditetapkan dalam perencanaan ini dan Anda akan diinformasikan apabila berlaku perubahan sewaktu-waktu. Jika Anda mempunyai pertanyaan silahkan menghubungi divisi Public Relations.

Terima kasih atas perhatiannya
Dengan hormat,


Akil Mochtar,
Chairman and CEO, Terserah, Inc.

TANGGAL LATIHAN

Perencanaan komuniksi krisis dalam PT Hutamat Karya akan dibicarakan dua kali dalam  setiap tahunnya. Perencanaan ini akan diagendekan setiap awal dan pertengahan tahun.  Setiap divisi wajib berkontribusi dalam perencanaan ini demi meneruskan kinerja positif dalam peningkatan mutu dan kualitas pekerjaan.

Perencanaan awal dalam krisis ini di agendakan sampai lima tahun ke depan, yang seterusnya akan di atur lebih lanjut dalam kebijakan komisaris perusahaan.


TAHUN
HARI & TANGGAL
2016
Senin, 4 Januari
Rabu, 6 Juli
2017
Kamis, 5 Januari
Senin, 3 Juli
2018
Jum’at, 5 Januari
Senin, 9 Juli
2019

Jum’at, 4 Januari
Senin, 1 Juli
2020
Jum’at, 3 Januari
Senin, 6 Juli


Catatan: Pertemuan ini wajib diikuti oleh semua divisi dikantor pusat dan kepala kantor cabang beserta kepala staff dalam kantor tersebut.






TUJUAN DAN OBJEKTIF

TUJUAN:
Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang konstruksi yang selalu bekerja sama dengan perusahaan lain, pemerintah, dan media masalah terbesar dalam perusahaan ini yaitu saat ambruknya sebuah proyek atau gagalnya suatu proyek yang dikerjakan. Masalah seperti ini sudah pasti akan membuat reputasi perusahaan menjadi turun dan mempengaruhi semua sistem yang ada dalam perusahaan. Tujuan dari manajemen krisis ini untuk menjalin hubungan interen perusahaan agar dapat bekerja dengan baik dan agar terorganisirnya krisis ini untuk perbaikan dalam setiap tahunnya.

OBJEKTIF:
  • Untuk senantiasa mewujudkan dan mempertahankan kepercayaan Publik sebagai perusahaan yang memiliki manajemen yang baik
  • Untuk menciptakan hubungan yang baik dalam perusahaan sebagai proses peningkatan mutu kerja
  • Untuk menghindari kepanikan yang terjadi dalam internal perusahaan dalam menghadapi suatu krisis dalam perusahaan
  • Untuk memastikan semua keamanan seluruh pekerja lapangan dengan mengutamakan keselamtan dalam bekerja
  • Untuk memahami penyebab krisis serta mengmbil keputusan untuk masa jangka panjang.




MEDIA UTAMA
Berikut adalah daftar nama media utama yang dapat dihubungi sekiranya berlaku keadaan darurat. Seluruh media ini akan diundang dan dihubungi untuk menghadiri media briefing dan konferensi pers.

Anas Ursuapin                                                                                         Nazarudin Suapan
Wartawan Kompas                                                                      Wartawan Indo Pos
Hp : 0812-19911997                                                                    Hp: 0821-12140009
E-mail: Anasurban@gmail.com                                                  E-mail: Nazar@gmail.com

Gayus Tahanan                                                                            Andi Malarengeng
Wartawan matanews.com                                                            Wartawan TVRI
Hp: 0813-89890090                                                                     Hp: 0812-84855888
E-mail: GayusNews@gmail.com                                                 E-mail: andireng@gmail.com

Surya Prokorup                                                                            Jero Wak ling                      
Wartawan Viva.com                                                                    Wartawan Media Indonesia
Hp: 0819-17444999                                                                     Hp: 0821-155959115
E-mail: suryaproK@gmail.com                                                    E-mail: Jerowak@Gmail.com

Dan media-media lain yang ada di Indonesia.

PUBLIK UTAMA

  • Dewan Komisaris PT Hutamat Karya
  • Dirut  PT Hutamat Karya
  • Team Krisis Komunikasi
  • Manager Opeasional
  • Pemegang Saham
  • Pemerintah
  • Rekan Bisnis
  • Aparatur Negara
  • Perlindungan Hukum
  • Kompetitor
  • Media Pers


TEAM KRISIS

Berikut adalah daftar nama tim yang harus dihubungi dengan segera apabila keadaan darurat berlaku. Team ini terdiri dari Direktur Utama, Manager Operasional, Pengawas lapangan,  Aparatur negara, serta pihak terkait. Akil Mochtar selaku Direktur Utama akan menghubungi Ahmad Aryadhi Saputra sebagai Kepala Divisi Public Relation. Selanjutnya Ahmad Aryadhi Saputra Akan menghubungi Pihak Terkait tempat peristiwa itu terjadi. Team tersebut akan berdiskusi mengenai krisis yang dialami, mengumpulkan data-data serta menjalankan tugas dan wewenangnya sebagaimana tertuang dalam  Panduan Manajemen Krisis Komunikasi

Nama
Jabatan
No. Tlp
Akil Mochtar
Chairman & CEO
+6281367778899
Ahmad Aryadhi Saputra
Public Relation Executive
+6282173733737
Azzura Sidiqqia
Public Relation Executive
+6282176788890
Dimas Zain Raditya
Manajer Operasional
+6281271460909
Sodikin AKM
Manajer Kepegawaian
+6282177878755
Muhammad Sodik KM
Pengawas Lapangan
+6281365664647
Suci Maharani
Kantor Penanggulangan Kecelakaan
+628983315865
Ahadi
Polda Setempat
+628983315780



JURU BICARA MEDIA

Juru Bicara dalam sebuah perusahaan sangatlah penting terlebih perusahaan besar bersekala Nasional ataupun internasional seperti PT Hutamat Karya. Juru bicara berfungsi sebagai media perusahaan dalam menjalin hubungan dengan public. Juru bicara akan menyampaikan sesuatu yang dianggap perlu bagi perusahaan untuk disampaikan kepada public. PT Hutamat Karya pun memberikan wewenang ini kepada Ahmad Aryadhi Saputra sebagai kepala Public Relation, dan Azzura Sidiqqia sebagai staff ahli divisi tersebut yang pasti mereka juga dibantu oleh staff dan karyawan dalam divisi tersebut untuk mengumpulkan data-data dalam penanganan krisis dilapangan.

Kemudian divisi Public Relation ini akan mendiskusikan krisis yang dialami kepada pimpinan ataupun Dewan komisaris perusahaan kemudian mencari langkah selanjutnya untuk menerapkan dan mensosialisasikan kebijakan yang telah diambil, namun sebelumnya dalam proses ini Divisi Public Relation harus bisa memperkirakan dampak dari kebijakan yang akan di ambil apakah bagus dan apa pro kontra dari kebijakan tersebut, kebijakan akan di fikirkan matang-matang oleh public relation.

Setelah kebijakan berjalan, divisi public relation harus mengevaluasi untuk bisa menyimpulkan dan mengumpulkan data sebagai suatu informasi jangka panjang perusahaan.











PRA-INFORMASI

Berikut adalah daftar referensi informasi dari perusahaan konstruksi PT Hutamat Karya berupa dokumen dalam menejemen perusahaan. Document ini menunjukkan detail dari operasional perusahaan agar tidak terjadi pendapat miss komunikasi dalam menangani krisis ini yang akan merugikan perusahaan. Fungsi lain dari document ini adalah sebagai bahan pembelaan bahwa operasional Perusahaan sudah sesuai prosedur.

  • Laporan dari lapangan bahwa telah memenuhi SOP
  • Laporan Jaminan kesehatan & keselamatan bagi Para pekerja
  • Laporan bahan dan alat dalam keadaan baik & layak
  • Laporan harian dari lapangan
  • Sertifikasi Dinas Pekerjaan Umum
  • Sertifikasi Tenaga Ahli di lapangan
  • Laporan berkala kualitas Bahan & Alat yang digunakan
  • Surat Kerja Sama perusahaan
  • Surat Izin Operasional Alat
  • Pengawasan langsung ke Lapangan
  • Sefti untuk para pekerja
  • Standard Operasonal Darurat
  • Dan lain-lain

WEBSITE
Berikut adalah link atau halaman web PT Hutamat karya http://www.hutamatkarya.com.  Halaman web ini dapat diperbaharui dari waktu ke waktu yang nantinya akan dikelola oleh divisi public relation dalam perusahaan. Setiap situasi krisis yang sedang berlangsung akan diinformasikan melalui halaman web ini secara jelas dan terperinci. Keterbukaan informasi terhadap krisis yang berlaku merupakan keutamaan perusahaan. Selain itu, halaman web ini juga bersifat interaktif di mana masyarakat dapat mengirim balas pesan kepada staff yang bertanggungjawab.

Selain halaman web diatas masyarakat dan public juga dapat meakses informasi PT Hutamat karya di http://www.bumnpersero.com merupakan web site yang di kelolah oleh Badan Uaha Milik Negara Republik Indonesia hal ini tidak lepas karena PT Hutamat karya (Persero) merupakan salah satu perusahaan yang dikelolah oleh Negara.

PESAN UTAMA

Apabila berhadapan dengan pertanyaan yang sukar, maka perlu diingat kata kunci pesan utama. Juru bicara harus menyampaikan pesan utama secara jelas dan berulang kali karena ini sebagai penegasan dan komitmen perusahaan tentang standard operasional yang Sudah djalankan oleh Perusahaan.

  • Juru bicara harus menekankan pandangan baik terhadap perusaahaan tetang krisis Ambruk Proyek jembatan ini. Hal seperti ini baru kali ini terjadi

  • Juru bicara harus meyakinkan media mereka akan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap peristiwa ini, baik untuk pengobatan pekerja, hingga kerugian materi dari krisis ini

  • Juru bicara harus meyakinkan media bahwa peristiwa  ini cepat ditanggapi sehingga korban cepat dievakuasi.

  • Juru bicara dan pimpinan perusahaan meninjau langsung lokasi kejadian dan melakukan pengamatan dengan detail sebagai bahan referensi tindak lanjut dari kejadian Ambruknya Proyek jembatan  ini serta menunjukkan kepedulian dan perhatiaan yang mendalam kepada para pekerja yang menjadi korban.

  • Permintaan maaf yang disampaikan oleh Pimpinan perusahaan secara langsung dapat memberikan efek nyaman terhadap media dan masyarakat disusul dengan pengendalian opini di masyarakat yang baik


DUGAAN PERTANYAAN

Dalam situasi krisis, sudah menjadi rahasia publik bahwa pihak media senantiasa melakukan berbagai cara untuk mencari informasi terperinci. Bahkan mereka kadang-kadang memberikan pertanyaan yang dapat menjebak. Oleh karena itu, juru bicara harus berhati-hati dalam memahami dan menjawab pertanyaan media. Berikut beberapa contoh pertanyaan yang biasa diajukan para pers:

  • Apakah Perusahaan tidak mengecek secara langsung kelayakan bahan dan alat yang digunakan ?
  • Apakah kejadian ini disebabkan oleh kelalaian pegawai anda ?
  • Apakah perusahaan tidak mengawasi kinerja dari pekerja lapangan anda ?
  • Apakah perusahaan mengutamakan keselamtan kerja  ?
  • Apakah perusahaan memberikan jaminan bagi para pekerja ?
  • Apakah perusahaan memastikan bahwa dilapangan telah sesuai SOP  ?



FORMULIR PENILAIAN



Berikut merupakan formulir penilaian untuk memberi tanggapan terhadap kelayakan krisis ini. Kerja sama Anda dalam menilai Perencanaan Komunikasi Krisis ini sangat diperlukan. Silahkan isi kuesioner ini dan kembalikan kepada bagian administrasi.

Skala 1 hingga 5. Skala 1 adalah sangat sedikit sampai ke skala 5 adalah sangat banyak.


1. Saya memahami peranan saya dalam mencegah dan menangani krisis

1   2   3   4   5


2. Saya memahami runtutan perencanaan komunikasi krisis secara terurut

            1   2   3   4   5 


3. Saya setuju dengan tanggal latihan yang telah direkomendasikan

            1   2   3   4   5


4. Saya memahami dan mengmbil kebijakan agar krisis ini tidak terjadi kedapannya

            1   2   3   4   5 


5. Seberapa yakin anda bisa bertindak sesuai pedoman pada saat krisis berlaku

            1   2   3   4   5



Silahkan memberi komentar atau  saran bagi perencanaan krisis ini:







Tidak ada komentar:

Posting Komentar